Bayi Sehat dan Cukup Nutrisi, Inilah Tanda ASI Ibu Lancar dan Normal

Kehamilan & menyusui | Jan 2021

Herbastory.id - Setiap ibu menyusui pasti senang saat aliran ASI yang dimilikinya lancar dan normal. Sebab, bayi kaan kenyang dan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Lancarnya aliran ASI biasanya dapat diketahui saat let-down reflex atau milk-ejection reflex (MER) yang merupakan reaksi alami otomatis yang terjadi pada tubuh saat ibu menyusui bayinya. Lalu, apa saja tanda yang muncul saat ASI mengalir dengan lancar dan normal?

 

Tubuh Ibu Merasa Rileks

Saat menyusui, tubuh ibu sedang bekerja atas produksi ASI sehingga membuat tubuh merasa rileks dan tenang yang bisa saja membuat ibu merasa mengantuk atau sedikit lelah.

 

Merasa Mudah Haus

Ibu menyusui juga bisa merasakan sensai haus yang kuat saat menyusui bayinya. Oleh sebab itu, banyaklah minum air putih agar aliran ASI tetap lancar.

 

Rasa kram di sekitar rahim

Melansir dari haibunda.com, mengutip dari Kelly Mom, pada minggu pertama atau lebih, ibu menyusui mungkin merasakan kram rahim. Hal tersebut normal karena ini salah satu tanda tubuh sedang memproduksi ASI untuk si kecil.

 

Sensasi Kesemutan pada Payudara

Jika ibu menyusui merasakan kesemutan atau sensasi hangat pada payudara, ini menandakan bahwa aliran ASI ibu normal dan lancar.

 

Bayi Mengubah Pola Isapan

Ketika bayi mengubah pola isapannya dari pendek dan berombak (seperti saat mengisap dot) pada awal menyusui menjadi lebih panjang, menarik, dan berirama sekitar satu menit saat menyusu, itu tandanya ASI ibu lancar dan normal.

 

 

 

Sumber:

https://www.haibunda.com/menyusui/20200911204801-54-161455/5-tanda-asi-mengalir-normal-dan-lancar-agar-tak-ganggu-nutrisi-bayi

Share     

Jadi yang pertama tahu tentang promo dan info menarik dari kami