Kenali Tanda-tanda Tubuh Kurang Makan Sayur

Stamina & imunitas | Jan 2021

Herbastory.id - Mengonsumsi makanan kaya nutrisi adalah hal wajib, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi sayuran. Sayuran memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Akan tetapi, masih saja ada sebagian orang yang sehari-hari kurang makan sayur. Padahal, kalau tubuh kita kurang makan sayur bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, lho. Agar kamu yakin dengan jumlah asupan nutrisi dari sayuran setiap hari, coba deh perhatikan kondisi tubuh dan penampilanmu saat ini. Tubuh akan menunjukkan tanda-tanda yang muncul jika kurang nutrisi dari sayur. Di antaranya seperti berikut ini.

 

Mood menjadi Jelek/Bad Mood

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. Dikutip dari Kompas, seorang ahli diet Maggie Michalczyk menyebutkan; bahwa kurang mengonsumsi sayur akan membuat tubuh mudah lelah, lupa, hingga perubahan suasana hati yang tidak menentu. Mengapa?

Menurutnya, saat tubuh lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak, karbohidrat, dan makanan olahan akan menyebabkan energi bertabrakan. Nah, untuk itu penting mengonsumsi makanan tinggi vitamin dan mineral yang terdapat pada sayuran, agar suasana hati lebih stabil.

 

Kulit Kusam

Hayo, siapa yang sering mengeluh kulit sering terlihat kusam? Bisa jadi karena menu harian kamu minim banget sayur. Melansir Eat This, Not That!, menurut Keri Gans, MS, RDN, CDN, ahli gizi dan nutrisi terdaftar serta penulis The Small Change Diet, sayuran kaya akan kandungan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat efek buruk dari radikal bebas. Selain itu, beberapa jenis sayuran, misalnya tomat, tinggi kandungan air, sehingga dapat membantu melembapkan kulit. Dengan begitu, kulit kamu gak terlihat kusam lagi.

 

Mudah Lelah

Kerap merasa lelah juga merupakan salah satu tanda tubuh kurang makan sayur. Memang, banyak kegiatan membuat tubuh menjadi lelah, tapi kalau sering lelah berlebihan bisa-bisa itu adalah tanda kurangnya mengonsumsi sayur. Hal tersebut dikarenakan, tubuh Mama Papa dan si kecil kekurangan vitamin B dan juga zat besi. Nah, kalau ini didiamkan dan tidak segera ditangani, bisa-bisa tanda kelelahan itu karena anemiaCobalah rutin mengonsumsi sayuran hijau gelap atau kacang merah.

 

Daya Tahan Tubuh Rendah

Satu lagi yang paling terlihat saat kurang makan sayur adalah daya tahan tubuh menjadi lebih rendah. Mama Papa dan si kecil jadi mudah jatuh sakit. Hal ini dikarenakan, saat daya tahan tubuh menurun, tidak ada yang dapat membantu melawan radikal bebas, virus, hingga bakteri. Kemudian, biasanya ini akan menyebabkan Mama Papa mudah terkena common cold atau influenza. Bahkan, kurang makan sayur dapat menyebabkan proses recovery menjadi lebih lama dari biasanya.

 

Sembelit

Kecukupan serat juga berpengaruh pada saluran pencernaan. Ahli gizi Yasi Ansari menjelaskan, sayuran dengan kandungan serat yang diperlukan tubuh akan menambah tumpukan sampah tapi juga mempercepat pemindahan 'sampah' tubuh itu keluar melalui usus. Ansari menyarankan Anda untuk minum cukup air sembari terus meningkatkan asupan serat harian.

 

Mudah Lapar

Sayuran yang kaya akan serat akan membantu meningkatkan rasa kenyang dan bertahan lama. Karena itu ahli gizi, Yasi Ansari menjelaskan tak cukup makan sayuran berpotensi ingin terus makan atau ngemil--sekalipun baru saja makan sesuatu.

 

Itulah tanda-tanda yang perlu diperhatikan saat kamu kurang makan sayuran. Nah, sudah berapa banyak asupan sayuranmu hari ini? Semoga sudah tercukupi, ya, supaya bisa terhindar dari berbagai penyakit.

 

 

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200707160716-255-521890/tanda-tanda-tubuh-kurang-makan-sayuran

Share     

Jadi yang pertama tahu tentang promo dan info menarik dari kami