Sering Buang Air Kecil? Coba Hindari Makanan & Minuman Ini

Slimming & metabolism booster | Jan 2021

Herbastory.id - Sering buang air kecil hingga delapan kali dalam sehari adalah hal yang normal saat tubuh cukup minum air. Namun, jika keinginan untuk buang air kecil datang terus menerus atau yang biasa dikenal dengan istilah beser, bisa jadi ada sesuatu yang salah pada tubuh kamu. Sebenarnya ada berbagai penyebab yang bisa membuatmu sering buang air kecil, mulai dari kurang tidur, banyak mengonsumsi cairan hingga makanan yang biasa dikonsumsi. Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan sering buang air kecil.

 

Cokelat

Beberapa kandungan senyawa yang ada dalam cokelat ternyata bisa mengiritasi kandung kemih. Selain itu, cokelat juga memengaruhi penyerapan air di ginjal. Sehingga, efek yang ditimbulkan adalah sering buang air kecil.

 

Makanan Pedas

Menurut Mayo Clinic, saat kita mengonsumsi makanan pedas, bukan cuma mulut dan perut saja yang terasa panas, melainkan juga kandung kemih kita. Bila terus-terusan makan pedas, maka yang terjadi adalah kondisi lapisan dinding kandung kemih menipis, bahkan bisa mengakibatkan iritasi. Hal inilah yang pada akhirnya memicu kita untuk sering buang air kecil.

 

Makanan Olahan

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical Practice tahun 2009, makanan olahan dapat meningkatkan produksi urine lebih banyak. Kandungan gula, garam, penyedap rasa, MSG yang terdapat di dalamnya akan memicu kandung kemih untuk bekerja dengan sangat keras. Itulah mengapa, setelah mengonsumsi makanan olahan kita jadi lebih sering buang air kecil.

 

Kopi

Kandungan kafein dalam kopi dapat memengaruhi hormon anti-dieuretik. Sehingga, akan membuatmu lebih sering buang air kecil. Ada baiknya untuk membatasi asupan kafein per hari.

 

Alkohol

Alkohol memiliki sifat diuretic yang dapat menyebabkan kandung kemih menjadi sensitive, sehingga akan memproduksi urine lebih banyak dari biasanya. Sebuah laporan berjudul "Management of Urinary Incontinence" dalam jurnal Pharmacology & Therapeutics tahun 2012 menemukan bahwa setiap 1 ml alkohol yang ditenggak akan meningkatkan ekskresi atau pembuangan sisa metabolisme kita dalam bentuk urine sebanyak 10 ml.

 

Jus Buah

Beberapa jus buah mengandung sorbitol atau yang dikenal juga dengan glusitol, yaitu gula alkohol yang dimetabolisme lebih lambat oleh tubuh. Sorbitol ini memiliki efek diuretik pada sistem tubuh, sehingga akan membuat tubuh Anda buang air kecil lebih banyak dan lebih sering.

 

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh kita menjadi sering buang air kecil. Oleh sebab itu, sebaiknya batasi jumlah konsumsinya ya.

 

 

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/health/fitness/annisa-nur-fitriani-1/5-makanan-dan-minuman-yang-bikin-sering-buang-air-kecil-c1c2/5

Share     

Jadi yang pertama tahu tentang promo dan info menarik dari kami