Vitamin & Mineral yang Bantu Tingkatkan Imun Tubuh untuk Cegah Terinfeksi Covid-19

Stamina & imunitas | Jan 2021

Herbastory.id - Menjaga daya tahan tubuh atau imunitas sangatlah penting, terutama pada masa pandemi Covid-19 untuk mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Tubuh dengan sistem imun yang kuat adalah kunci pencegah berbagai penyakit. Untuk memiliki sistem daya tahan tubuh yang kuat maka tubuh membutuhkan berbagai asupan nutrisi berupa multivitamin dan mineral dengan jumlah yang mencukupi setiap harinya. Berikut ini vitamin yang baik untuk menjaga imun tubuh agar sistem daya tahan tubuh tetap kuat.

 

Vitamin B6

Vitamin B6 dalam tubuh berfungsi untuk membuat sel imun yang dapat melawan mikroba berbahaya. Vitamin B6 bekerja dengan membantu tubuh memproduksi sel-T (sel kekebalan yang membantu membunuh sel-sel yang terinfeksi dalam tubuh). Selain itu, vitamin B6 juga bertugas untuk mengaktifkan respon sistem kekebalan tubuh. Bagi perempuan, jumlah kebutuhan vitamin B6 harian sekitar 1,2 mg. Sedangkan pria membutuhkan 1,4 mg vitamin B6 harian. Cleveland Clinic menyarankan beberapa makanan kaya vitamin B6 untuk dikonsumsi, yaitu daging ayam, salmon, tuna, dan sayuran hijau.

 

Vitamin C

Vitamin C memang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C dipercaya mampu menangkal berbagai radikal bebas. Vitamin C memiliki kemampuan antioksidan yang dapat memperkuat kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Alhasil tubuh pun mampu terhindar dari berbagai infeksi baik itu bakteri, virus dan juga patogen lainnya. Vitamin C bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan alami seperti buah – buahan dan sayuran. Konsumsi vitamin C harian yang disarankan adalah sebanyak 90 mg. Sementara dosis konsumsi harian tidak boleh melebihi 2000 mg.

 

Vitamin D

Vitamin D  adalah salah satu vitamin esensisal bagi sistem kekebalan tubuh yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta penguatan tulang. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang kekurangan vitamin D lebih rentan terkena infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia atau bronkitis. Ini karena vitamin D meningkatkan jumlah makrofag atau sel kekebalan yang membantu membunuh sel penyakit. Selain itu, vitamin D juga dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi produksi bahan kimia yang disebut sitokin inflamasi. Tubuh kita dapat memproduksi banyak vitamin D saat terpapar sinar UV.

 

Vitamin E

Seperti halnya vitamin C, vitamin E juga memiliki khasiat sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan akan bekerja untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas. Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin E juga bekerja sebagai katalisator terhadap sekitar 200 reaksi biokimia di dalam tubuh. Vitamin E bisa diperoleh dari berbagai makanan seperti biji-bijian seperti biji bunga matahari, kacang-kacangan, bayam dan sebagainya.

 

Zinc

Di antara banyaknya jenis mineral, zinc merupakan salah satu mineral untuk meningkatkan imun tubuh yang penting. Zinc berfungsi dalam melawan inflamasi pada tubuh yang disebabkan oleh berbagai infeksi. Mineral untuk imun tubuh ini bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber seperti yoghurt, oyster, daging, kepiting dan sebagainya. Zinc juga bisa diperoleh dari suplemen.

 Jadi, sudahkah kamu mendapatkan vitamin untuk meningkatkan imun tubuh hari ini?

 

 

Sumber:

https://health.kompas.com/read/2020/09/05/103500068/4-vitamin-yang-terbukti-tingkatkan-sistem-imun?page=all

Share     

Jadi yang pertama tahu tentang promo dan info menarik dari kami